RUMUS LENGKAP. PANGKAT RASIONAL DAN BENTUK AKAR

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai materi matematika kelas X SMA yang berkaitan dengan pangkat rasional dan bentuk akar. Diantara materi yang akan saya bawakan terdapat beberapa point besar yaitu pengertian bilangan berpangkat dan bilangan berakar, 9 sifat-sifat bilangan berpangkat, operasi aljabar pada bentuk akar, cara menarik akar kuadrat, dan mersionalkan penyebut pecahan.

APA SIH BILANGAN BERPANGKAT & BERAKAR ITU??

      Secara sederhana, bilangan berpangkat dapat didefinisikan sebagai suatu bilangan yang jika dikalikan sebanyak n dengan bilangan itu sendiri akan menghasilkan nilai pangkat sebanyak (n+1). Contohnya jika bilangan 3 dikalikan dengan 3(bilangan itu sendiri) sebanyak 2 kali, maka bilangan 3 memiliki nilai pangkat sebesar 2+1 = 3 dan bisa kita sebut 3 pangkat 3. Dengan bentuk matematikanya = 3 x 3 x 3 = .
          Lalu bagaimana dengan bilangan berakar? apakah mempunyai akar dikakinya? oh tentu tidak. Jadi bilangan berakar merupakan bilangan yang memiliki nilai pangkat yang berupa pecahan. Contohnya bilangan 3 yang memiliki nilai pangkat 0.5 atau 1/2 akan memiliki nilai akar 2 dan tampilan bentuk akar . Namun, untuk kekhususan pada nilai akar 2 saja, biasanya angka 2 tidak dituliskan pada bagian atas akar, tetapi dibiarkan seperti ini . Nah, sudah mengerti bukan? tentunya bilangan berpangkat memiliki beberapa sifat yang dapat kita gunakan dalam menyelesaikan persamaan-persamaannya. 

SIFAT-SIFAT BILANGAN AKAR 

OPERASI ALJABAR PADA BENTUK AKAR

1, Perkalian
2. Pembagian
3. Penjumlahan
4. Pengurangan

MENARIK AKAR KUADRAT

Keterangan :

MERASIONALKAN PENYEBUT PECAHAN

Bagian penyebut pecahan dirasionalkan dengan cara mengalikan pecahan tersebut dengan bentuk sekawannya. 

Demikianlah pembahasan kali ini, semoga rumus-rumus diatas mempermudah dalam mengerjakan soal-soal persamaan yang berkaitan dengan pangkat rasional dan bentuk akar dalam mengerjakan soal latihan maupun ulangan.

Thank You For Reading :))
Visit my blog at : http://myeducationdayfy.blogspot.co.id
And Don't Forget to Like, Comment, and Share To Your friends :))


Comments

  1. bukan ini pak yang saya maksud angka biasa yang berpangkat kaya 2 pangkat setengah atau 1/2

    ReplyDelete

Post a Comment